Selasa, 26 Oktober 2010

Mobile Application

Mobile application terdiri dari dua suku kata yakni mobile (bergerak) dan application (aplikasi). Mobile dewasa ini sering diorientasikan pada sebuah perangkat nirkabel atau yang  biasa kita dengar dengan istilah handphone (telepon selular yang disingkat ponsel) karena kelebihannya yang dapat dengan mudah kita bawa berpindah – pindah tempat walaupun sedang terhubung dengan ponsel lainnya tanpa memutuskan komunikasi satu sama lain. Sedangkan aplikasi itu sendiri merupakan sebuah program terdiri dari serangkaian kode – kode program yang diintegrasikan pada sebuah perangkat keras atau komputer. Aplikasi termasuk kedalam kategori software dan dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau instruksi dari seorang pengguna (user) pada komputer tersebut.
Dari pengertian – pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa mobile application adalah suatu aplikasi yang terdapat pada perangkat mobile atau nirkabel dan dapat digunakan walaupun penggunaannya berpindah – pindah tanpa memutuskan sambungan atau komunikasi seperti yang terdapat pada handphone, smartphone dan PDA (Personal Digital Assistnt). Aplikasi pada mobile biasanya didesain khusus yaitu dengan ukuran yang sangat kecil.

 Karakteristik perangkat mobile

Perangkat mobile pada umumnya hampir sama dengan perangkat desktop yakni mempunyai memori, daya dan sistem operasinya. Berikut adalah karakteristik yang terdapat pada perangkat mobile.
1.      ukuran yang kecil
perangkat mobile secara umum memiliki ukuran yang kecil.
2.      memori yang terbatas
sama halnya seperti sistem pada desktop, pada perangkat mobile terdapat memori dengan ukuran yang kecil yaitu memori RAM dan Disk
3.      daya proses yang terbatas
perangkat mobile mempunyai sistem yang pas dengan ukurannya yang kecil,
4.      konsumsi daya yang rendah
perangkat mobile mengkonsumsi daya yang rendah hal ini dibatasi oleh baterai yang terdapat pada perangkat tersebut.
5.      kuat dan dapat diandalkan
perangkat mobile harus mempunyai keandalan yang tinggi karena statusnya yang mudah dibawa kemana – mana sehingga tahan terhadap benturan atau tetesan – tetesan air.
6.      Konektivitas yang terbatas
Bandwidth yang terdapat pada perangkat mobile sangatlah terbatas bahkan kadang – kadang tidak tersambung sama sekali.
7.      Masa hidup yang pendek
Perangkat mobile menyala dalam hitungan detik dan kebanyakan selalu menyala.

Pada umumnya aplikasi yang terdapat pada mobile menggunakan platform Java ME (Micro Edition).  Berikut adalah edisi dari platform java :
1.      J2SE – Java 2 Platform, standard edition digunakan pada aplikasi desktop
2.     J2EE – Java 2 Platform, Enterprise Edition digunakan pada aplikasi enterprise yang fokus pada pengembangan webserver, termasuk servlet, JSP, EJB dan XML
3.      J2ME – Java 2 Platform, Micro edition digunakan pada perangkat mobile
4.      JavaCard digunakan pada smart cards.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar